Rebahan Ngaco Eps 4: Manusia Burung Hantu

     
    EPS 4: Manusia Burung Hantu   


    Tidur jam 9 malam, bangun jam 5 pagi. Indahnya kebiasaan tersebut sebelum menjadi seorang peminum kopi. Barusan kata benak gue begitu. Karena setelah itu, menjadi manusia aktif dimalam hari adalah hal yang biasa.

    Entah sejak kapan gue biasa tidur diatas jam 12 begini. Kalau dibilang insom sih enggak, hanya ketuker aja jam tidurnya. Tidur pagi, aktif malam. Sampe kadang-kadang mata gue lelah. Dia menyerah, cuma enggak melambaikan tangan aja ke kamera.

   Gue teringat dulu ketika saat masih bocah, ketika gue men-stereotype-kan orang yang begadang adalah orang keren. Hebat gitu bisa nahan ngantuk sampe pagi. Nyatanya sekarang... 

   Enggak sama sekali sih. 

   Andai gue punya mesin penukar tubuh antara gue yang dulu dan yang sekarang, mungkin disaat gue nulis artikel ini, jam 11 malam, gue lagi asyik mimpi sambil main lego.

   Bahkan gue dulu bingung, kalo jam 2 ada siaran sepakbola, ngapain orang main bola jam segitu kan? 

   Akhirnya baru mengetahui kalau waktu disetiap negara itu berbeda-beda. Sial, gue ngerasa dibohongin.

    Tapi, gue tetap suka sih suasana malam-malam begini. Itulah nikmatnya malam hari menurut gue. Sepi. Keadaan juga tenang pula. Cepet dapet inspirasi dan pengennya menginspirasi orang. Kadang gue mikir lebih inspiratif mana antara Mario Teguh sama gue yang lagi mikir di malam hari. Mungkin kali ini gue yang minder. Otak gue emang suka enggak sopan ngebayangin hal-hal yang enggak perlu.

    Kegiatan gue dimalam hari, biasanya yah paling cuma begitu-begitu aja. Pacaran sama laptop yang kalau gue tanya enggak dijawab-jawab, main game, dan scroll sosmed kalau lagi bosen. Ngecek Whatsapp padahal enggak ada yang ngechat.. begituuuu aja.

   Bosen banget. 

   Makanya itu Rhoma Irama bilang: "Begadang jangan begadang kalau tiada artinya." *Sialan malah ikut nyanyi

    Sejak saat itulah gue sadar, gue begadang tanpa arti. Enggak ada sesuatu yang bisa didapet kalo enggak ada artinya. *Sisi inspiratif kambuh

    Orang lewat: " Suka-suka lu aje sob." *Banting hape

    Gue ingat dulu, ketika awal-awal begadang. Kalau enggak salah kelas 5 SD. Disaat itu, gue lagi nginep dirumah eyang gue. Biasalah, kalau lagi liburan pasti bosen juga dirumah. Selain jadi bahan omelan ortu, pasti disuruh ini itu. Makanya gue dulu suka cabut dari rumah kalau lagi liburan. Bahkan dihari sabtu dan minggu pun. 

    Ini bener-bener enggak terlupakan sih. Karena disaat itu, pertama kali gue tidur diatas jam 12 malem dan bareng sama sodara gue. Bahkan gue juga sampai deg-degan, mikirin mitos-mitos serem yang ada di Indonesia tentang tengah malam. Makanya gue enggak mau menggiring opini ke arah situ, karena saat artikel ini dibuat udah tengah mal..

    JENG! 

    Astaga naga dragon naga! *ceritanya kaget

    Oke-oke, stop.

    Disaat itu, bener-bener enggak tanggung-tanggung gue begadang sampe jam 3 pagi. Itu pun enggak ngapa2in, seakan-akan gue lupa ngomongin apa aja di umur gue yang masih 10 tahun. Akhirnya kita memutuskan untuk nonton TV aja. Pilih-pilih channel... nyampe channel Trans7. Skip, Dunia Lain.

    Akhirnya kami memutuskan nonton sinetron aja di SCTV sampe pagi. Bener-bener enggak ada yang bisa dilakuin, karena dijaman itu belum ada Hape buat bisa diajak mabar PUBG. Sampai akhirnya jam 2 pagi, gue dimintain buat nyari kucing dan turun kebawah. Hasilnya adalah...

    Drrrrtt... *jantung berdebar 

    Ya enggak ada lah. Yakali gue nemuin. Paling kalo masuk kebawah kolong, gue yang kejedot. 

    Gue pun kembali lagi ke atas. Karena udah jam 3 pagi, ngantuk pun mulai nyerang. Bola mata gue udah nyiapin benteng yang lebih kuat dari Benteng Takeshi. Sodara gue selalu bilang kalau dia mau tidur selama 5 menit setiap jam. Gue yakin, dia enggak mau kalah hebat sama gue. Jujur, stereotype tentang hebat saat itu memanglah aneh. Tapi, dia tetep enggak mau kalah dari gue yang bisa begadang sampai pagi. Padahal gue yakin dia udah ngantuk berat.

    Sodara: "Bangunin gue ya, 5 menitan paling gue tidur."

    Gue ngangguk.

    Sebagai bocah polos, tetep gue bangunin 5 menit kemudian. Gue ngelirik-lirik ke arah jam, padahal belum bisa baca waktu di jam dinding. Sok-sok ngerti aja, yang penting kalau jarum panjang bergerak, artinya udah waktu gue buat bangunin dia. Sampe kesekian kalinya gue bangunin dan keliatan dari raut wajah dia yang pengen nimpuk gue pake guling. Hiks hiks.

     Karena gue pengen diakuin sebagai orang keren sendirian, akhirnya enggak gue bangunin. Karena gue ikut tidur juga. *plot twist

    Itulah pengalaman begadang gue pertama kali. Sebenernya kalau dipikir-pikir emang capek sih sebagai orang yang nokturnal. Badan juga jadi cepet pegel. Selain itu, capek kena omelan bokap nyokap yang bangunin gue subuh padahal gue masih berdansa sama gadis di istana kayangan. Hih, dasar kenyataan.

    Dasarnya, emang kalau tidur udah bersifat kayak burung hantu, sebenernya susah buat diubah. Tapi kalau bisa, kenapa enggak?

    

Komentar

Posting Komentar