Rebahan Ngaco Eps 3: Sekolah Online Vs Sekolah Offline

     

EPS 3: Sekolah Online Vs Sekolah Offline



    Gara-gara pandemi, banyak hal yang berubah. Mulai dari sistem Work From Home, daring, dan lain-lain. Bahkan sekolah pun jadi online. Semua serba ONLINE. Tapi, itu semua enggak ngaruh apa-apa bagi gue. Mau sekolah offline atau enggak pun, gue masih bisa main hape diantara sela-sela pelajaran. Hehe.

    Gara-gara pandemi juga, gue jadi makin rajin. Yoi. Keren kan? 

    Yap, itu semua berkat tugas-tugas online yang sekali dikasih udah kayak bikin skripsi. Bahkan saat gue kelas 10, tugas matematika disuruh nyatet lebih dari 30 video. Muka gue seketika tercengang. Bingung mau ngerjain atau enggak. Lagipula, itu udah ada di posisi semester 2 akhir. Kalau gue enggak kerjain, bisa-bisa gue enggak naik kelas terus enggak lulus. Kalau gue enggak lulus gue enggak kerja, enggak kerja gue enggak makan, kalau enggak makan, gue enggak bisa hidup tanpa makan. Lama-lama gue jadi korban pengangguran yang menderita gara-gara enggak ngerjain PR matematika. Sungguh ngenes. *tepar

    Alhasil, karena gue enggak mau masuk koran dengan mati konyol, gue kerjain. Hidup gue ada di tangan gue. Waktunya ngerjain pun tiba!

    ....

    ....

    *ketiduran

    Selain dari tugas matematika, banyak tugas lainnya yang bikin gue melambaikan tangan ke kamera. Bener-bener guru tuh suka banget sama jawaban murid yang panjang-panjang. Lembar demi lembar gue tulis. Pulpen abis gue beli. Pensil patah gue raut. Gue pun nurut untuk nulis panjang kali lebar. Persegi Panjang aja yang punya rumus P x L, mungkin ngerasa minder karena lebih panjangan jawaban dari tugas-tugas gue. Tuh kan, dia insecure.    

    Mau sekolah tanpa tugas? Jawabannya adalah... semuanya hanya ada dibayangan anda saja. Tenang, saya juga pernah ngebayangin kok. #Cih

    Tapi bagi gue, tugas tetap tugas. Kita sebagai pelajar yang baik harus pula mengerjakan pekerjaan sekolah dengan baik. Lagian itu semua menjadi penentu syarat kelulusan kita nanti, lulus atau enggak. Gitu deh. Pelajar keren kayak gue udah pasti lulus. Ya.. mudah-mudahan.

    "Lo lebih suka sekolah online atau offline?"

    Ya sebenernya enggak dua-duanya sih. Toh enakan rebahan dirumah. *gue dikeplak

 Oke-oke, karena ini pertanyaan jadi harus gue jawab. 

 Kalau sekolah offline, lumayan enak. Gue lebih punya banyak waktu diluar rumah. Lebih seru juga buat main belajar sama temen-temen. Serius gue. Sewaktu sekolah offline pun, kita banyak melakukan kegiatan praktek diluar. Walaupun memang terdengar omong kosong buat kalian tentang gue yang suka nya santai doang, tapi gue pernah kok ikut program pas istirahat tentang mencicipi berbagai makanan di sekolah.

    "ITU NAMANYA LO JAJAN DODOL!"

    *kena lempar sepatu

 Selama program sekolah offline juga, rasanya jantung pun bakalan olahraga kalau misalkan telat kumpulin tugas atau nyontek pas ulangan. Minimal kita punya tantangan lah buat nemuin timing yang pas buat nyolek kepala temen yang pura-pura enggak denger pas lagi dimintain jawaban.

    Hmm. Semoga aja enggak budeg beneran.

    Selain dari hal-hal menyenangkan tentang sekolah offline, sekolah online pun enggak kalah banyak. Bagi gue, tidur itu adalah suatu kegiatan yang harus dinikmati. Karena tanpa tidur, kita enggak bisa mimpi setinggi-tingginya. Itulah yang menggambarkan kegiatan gue saat pelajaran kosong di sekolah online. Anyway, enggak cuma itu. Walaupun gue orangnya mageran dan apa segala macem, kadang kalau rajin gue enggak tahan ngeliat tugas yang kosong di kolom Google Classroom. Jadi bisa gue kerjain kapan aja, asal sebelum tenggatnya. Bahasa kerennya adalah Deadline.

    Sekolah offline? sekolah online? hal menyenangkannya berhenti disitu kawan. Gue mulai dari sekolah offline.

    1. Yang pertama, kata temen-temen gue, anak paling ngaret alias yang suka datang terlambat diantara lingkungan mereka adalah gue. Kalo sekolah offline, gue udah kena poin berkali-kali. Mungkin gurunya juga udah bosen ngeliatin gue yang selalu ngos-ngosan saat bel masuk.

    2. Kedua, jadwal dan kegiatan santai gue berkurang.  Lebih banyak kegiatan sekolah, praktek dan kerja kelompok. Pasti sih itu. Valid no debat.

    3. Pasti gue kurang tidur.

    Sekarang, sekolah online.

    1. Tugas yang biasa dikasih, lebih banyak daripada saat sekolah offline. Ini bener-bener. Udah gue jelasin diatas mengenai keresahan gue soal ini.

    2. Kalau jaringan internet lo drop saat zoom, wassalam. Yang tadinya lo bisa jawab pertanyaan gampang dari guru dan saat koneksi lo terputus, guru jadi enggak kasih nilai ke elo. Mungkin, bisa juga lo jadi salah jawab.

    Guru: "Kamu bisa menjawab pertanyaan saya? Oke, 1+1 berapa?"

    Tau-tau jaringan drop.

    Lo:.. 

    Guru: "Oke, sepertinya dia lagi lemot, yang lain bisa menjawab?"

    Akhirnya lo di skip dan memilih ngobrol sama wifi tentang lika-liku masalah hidup yang dia hadapi saat ini. #Ngaco

    3. Yang ketiga, sekaligus yang terakhir adalah ketika mendapat pesan SMS: "Kuota anda tidak mencukupi, silahkan untuk isi kembali melalui...blablabla." *muka bete

    Oke cukup sampai disini bapak-bapak dan ibu-ibu mengenai tulisan saya kali ini. Semoga yang relate bukan saya doang, tapi kalian-kalian semua. Apalagi tentang hal yang enggak menyenangkan. Hahahaha. *ketawa jahat

    Sekian dan terima gajihh!

    





    

    


    

    

    

Komentar

  1. Derita sekolah online dan offline... Ya derita Lo baaaang... Baaaang

    BalasHapus

Posting Komentar