Rebahan Ngaco Eps 17: Lomba Dagdigdug Der Dor!


EPS 17: Lomba Dagdigdug Der Dor!




    Akhirnya kembali ke segmen ini. Fiuh. Kalian senang kan?

    Penggemar: Akhirnya yah bang ada bahan bacaan pas malam minggu. Tapi ga ada bahan gossipan baru nih, kurang seru.

    Penggemar 2: Iya nih bang. Eh tapi denger-denger kemarin dari akun @kitasukagosip pas lo ngilang lagi jalan sama cewek yah?

    Penggemar tidak diundang: IYA SIAPA TUH BANG? PEJE BOLEH KALI PEJE. (Pj, Pajak Jadian)

    Tuhkan baru aja mulai. 

    Gue hanya tutup telinga dan bilang:  

    "Yaah hari gini masih ngikutin akun gosip dari akun itu. Gue dong... 


    ...dari akun lain. Hixhixhix."


    Oke sebelum tambah absurd, mulai aja deh.

    Gue memang suka menulis dari kecil. Udah diajarin nyokap untuk ngarang cerita semenjak SD. Sehingga sekarang menjadi lebih terasah gimana cara gue mengolah kata yang ada dikepala untuk dituangkan kedalam tulisan. Tapi, gue masih belajar juga. Jadi untuk bisa dibilang bagus, walaupun relatif, tapi menurut gue sendiri.. Yaa enggak tahu. Yang penting PD aja. Hehe. 😁

    Inget banget pertama kali cerita yang ditulis dulu sewaktu masih kelas 1 SMP. Yaitu tentang pengalaman pribadi mengenai hal-hal yang gue ingat semasa SD. Terinspirasi dari Raditya Dika dan Kevin Anggara, gue mencoba untuk mengikuti gaya menulis mereka pada saat itu. Bisa dibilang, gue bangga dengan tulisan gue. Walaupun masih acak-acakan banget kalo dibaca sekarang. Tapi enggak bisa dijadiin hambatan, karena itu proses.

    Keluar rumah untuk menunjukkan tulisan yang gue buat, reaksi nyokap seneng banget. Bokap juga menunjukkan ekspresi senang, tapi enggak se-antusias nyokap. Mungkin Nyokap enggak nyangka gue bisa bercerita bebas dalam tulisan. Gue tentunya ikut senang ada yang support tentang apa yang gue bikin.

    Waktu itu gue enggak kayak sekarang, nulis hanya sekedar memakai handphone sebelum ada laptop. Gimana enggak acak-acakan coba? Tanda baca, huruf besar kecil, dan kalimat-kalimat yang kalau dibaca sekarang lucu rasanya. Tapi sayang banget udah hilang semenjak gue reset hp. Huhu.

    Saat SMP, gue mencoba untuk membuat novel. Inspirasi gue pada saat itu aneh:

    Film IT yang gue tonton dengan ketakutan setengah mati.

    Gue ngomong sama temen sebangku. "Gimana kalau gue bikin cerita dari film IT tapi dengan versi Indonesianya?"

    Tanggepan dia waktu itu setuju-setuju aja. Berhubung kita sama-sama suka horror, jadi punya ide juga untuk bikin tokoh antagonis sekejam Pennywise. Pikiran gue pada saat itu, gue mau bikin si "Tokoh" sebrutal Pennywise. Tapi karena takut dikira psikopat, akhirnya gue mengurungkan niat itu. Hehehe.

    Bocil: Ih pantesan muka lo serem banget bang, psikopat ih gue takut.

    Gue dengan topeng scream: RAAWRRRR!

    Bocil: Perampookk perampookkkk!!

    Akhirnya gue di interview warga gara-gara bocah ngeselin itu. Oke lanjut.

    Beberapa bulan setelah memikirkan konsep itu, akhirnya selesai gue tulis. Sekitar seratus halaman lebih. Semenjak itu, gue tambah narnges. Narsis dan ngeselin. Tiap ada orang yang masuk ke kehidupan gue, pasti selalu gue tunjukin novel gue. Sampe-sampe tiap ada lampu merah gue turun dari motor terus tunjukin ke semua orang karangan gue.

    Akhirnya kembali di kursi interview warga, dan diingatkan Pasal Undang-Undang Rebahans mengenai kerusuhan masyarakat. Ampun deh, enggak segitunya kali.

    Nah, masuk masa SMA. Tahun kemarin sewaktu pembagian rapot, nyokap bilang ke walikelas tentang hobi gue mengenai menulis. Gue diem aja, aga sedikit malu. 

    Enggak berselang lama, (kurang lebih seminggu atau dua minggu) sehabis jam pelajaran selesai, lengan gue ditarik sama walikelas ke ruangan sebelah. Sontak gue kaget.

    Ada apa nih? Apakah gue dapet doorprize? Uang 1 juta? 1 Milyar? Wah gue bisa beli rumah. Astaga, ketinggian.

    Diruangan sebelah, udah ada guru bahasa inggris. Makin bingung.
    
    Wah ada apa sih? Beasiswa belajar bahasa Inggris ke luar negeri? Atau apakah gue akan menguasai dunia?   

    Guru bahasa Inggris gue menjelaskan kenapa gue dipanggil kesini dan jawabannya bukan itu semua. #Penuliskecewa

    Beliau menawarkan untuk ikut lomba cerpen. 

    Disitu itu gue sadar, mungkin walikelas gue cerita ke guru-guru lain. Enggak pakai basa-basi, gue ambil aja tawarannya. Lumayan kan kalau menang dapat sertifikat. Bisa bawa nama sekolah juga.  

    Enggak bukan bawa papannya, maksud gue nama baik sekolah.

    Ternyata untuk lombanya akan segera dimulai sekitar dua minggu lagi. Untuk hari-hari pertama setelah pendaftaran, gue masih ngumpulin bahan cerita. Di hari-hari berikutnya, gue udah menemukan ide ceritanya, tapi tiba-tiba blank. Entah kenapa. Mungkin karena biasanya gue nulis sebebas gue dan sesempatnya. Kali ini dikasih tenggat dan gue bingung. 

    Ditengah-tengah kebingungan untuk menyusun plot, gue ketemu penyelamat gue dan enggak lain adalah nyokap. Nyokap memberi gue beberapa usulan dan akhirnya baru bisa gue susun sendiri ceritanya.

    Sebenarnya, pembuatan cerita pendek ini susah-susah gampang. Asal oke untuk membawa plot sampai ke penyelesaian, menurut gue itu hebat. Gue sendiri kadang masih sulit untuk menentukan resolusi dari cerita yang gue buat, hambatannya adalah jalan cerita dan logika. Cieilah. Oke balik lagi.

    H-1 sebelum pengumuman, gue setengah mati nahan dagdigdug der jantung. Tapi akhirnya lepas dan tambah degdegan lagi. Hari itu gue hanya tidur, minum air putih biar enggak seret, makan, terus tidur lagi. Rutinitas harian sih, cuma bedanya lagi dikondisi enggak tenang aja. 

    Sampai akhirnya dihari pengumuman. Gue cuma bisa berdoa aja dibalik laptop. Berharap akan muncul nama gue dilayar, gue duduk diem dan masih dagdigdug der dor.

    Thenn... yak betul sekali tebakan anda. Nama saya muncul. Saya menahan untuk tidak terlalu excited dan tetap tenang. Tenang walaupun senang. Azek.

    Gue jalan keluar kamar menuju ruang tengah. Nyokap lagi kerja, dan gue ngasih tahu seakan tidak ada kesan senang apa-apa. Memasang muka datar sebagai senjata.

    Gue: Ma... *ekspresi datar

    Nyokap: Hmmm.

    Gue: Ma...

    Nyokap: Sekali lagi kamu dapet Doorprize piring.

    Sebelum ke selatan, akhirnya gue utarakan.

    Gue: Hehe. Aku... menang lomba... juara dua. Yeey.*masih dengan ekspresi datar

    Nyokap terkejut. Entah terkejut karena gue juara dua atau cara menyampaikan bahwa gue juara dua seperti orang mabok? We never know that. Hari itu gue berharap jajan gue nambah, tapi nyokap malah bilang:

    Nyokap: Berhubung kamu juara dua, hari ini kamu dapat voucher gratis nasi uduk.

    Voucher gratis nasi uduk. Nyokap emang beda. Tapi enggak begini juga kali. Hmmm.

    Ternyata dia bohong, gue dikasih eskrim... dan nasi uduk. #dimanabohongnya?

    Begitulah cerita saya kali ini. Sebelumnya, gue enggak pernah nyangka bisa dapet pengalaman lomba menulis begini. 

    Big thanks to sekolah gue, Pak Walikelas dan guru bahasa Inggris. 😁

    Semoga bermanfaat dan pastinya gue mau cari lomba-lomba lain kedepannya. Yang nanti jadi batu loncatan untuk karir gue. Tentunya untuk dapet voucher makanan lagi kalo menang. Iya enggak ma? Huehehe.

    Sekian dan...



    Jangan lupa bernafas.

Komentar