Hari Tanpa Notifikasi

    

    Hari Tanpa Notifikasi


    Pernah enggak sih ngerasain hari tanpa "Ping ping!" dari hp? Notifikasi kelewat batas yang biasanya bikin lo kesel pas lagi main game, sekarang adem ayem aja. Tenang, kalian enggak sendirian. Penulis juga ngerasa demikian. Bener-bener rasanya damai banget. Pikiran kosong. Udah bener-bener kayak nyantai aja gitu. Enggak bikin gue pusing tentang notifikasi dari berbagai Sosial Media. Gue ngerasa dua hal. Entah seneng, hidup sehari enggak berisik dari suara notifikasi, atau ngenes, engga ada yang ngerasa perlu sama gue. Huhu.

    Sejujurnya. Emang bosen. Banget.

    Biasanya aktivitas gue yang "gitu-gitu aja" tetep gitu-gitu aja. Bangun tidur, ngumpulin nyawa, makan, main game, tidur lagi. Walaupun kalau emang rame tetep aja sama sih. Maklum anak nolep tukang rebahan yang mager kemana-mana. Hehe.

    Bener-bener deh, gabutnya enggak ketulungan. Sampe kadang bikin gue mumet sendiri. Mau main game? Bosen. Mau ngapa-ngapain bosen juga. Mau ngaca? Bayangannya bilang: Bosen gue liat muka lo.

    Yang enggak gue sadari, sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakuin tanpa menyentuh hal-hal berbau notifikasi dan sosial media. Mempelajari hal baru.

    Itu penting. Walaupun memang dalangnya adalah niat, tapi bukan berarti enggak bisa gue lakuin. Gue bisa, asal gue mau. Hal yang enggak pernah terbayangkan sebelumnya dari dulu adalah untuk mempelajari alat musik. Salah satunya adalah gitar, yang gue pelajarin. Memang kok, asal niat pasti lama-lama bisa. Gue enggak selalu mau menjadi orang yang sama. Ditempat yang sama. Berpaku kepada Sosial Media. Gue punya ambisi kalau gue bisa mengeksplorasi hal-hal yang enggak gue kenal sebelumnya. 

   Selain itu, self healing dari sosial media memang hal yang baik. Banyak manfaatnya, salah satunya meningkatkan kecerdasan emosional. Gue pernah puasa untuk bermain sosial media. Instagram, Twitter gue hapus. Sisanya cuma Whatsapp, ya karena banyak tugas-tugas gue disana. Tapi gue happy, enggak bergantung sama mereka. Enggak semua berita bisa gue serap, otak butuh juga untuk di "turn off" dari mereka.

    Hari tanpa notifikasi itu enggak selamanya ngebosenin kok. Kita gabut bukan berarti kita enggak punya kerjaan selain membuka mereka. Lihat lingkungan sekitar yang lo tinggalkan habis di dalam sosial media. Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat.

    

Komentar