Rebahan: Nikmatnya Sifat Duniawi


Rebahan adalah salah satu kegiatan yang disukai semua orang. Termasuk gue, liat aja nama blognya. Hehe. Kita enggak bakalan terhindar dari aktivitas yang berakar dari sifat malas ini. Gue yakin, pembaca tulisan ini salah satu (atau mungkin mayoritas) dari kalian lagi tiduran, duduk-duduk, atau emang engga ada kerjaan aja. Hahaha.. Ngaku kaliaan! 

    Entah kenapa sifat malas-malasan yang satu ini memang surga dunia. Kegiatan gue selama pandemi Covid-19 ini ya cuma begini aja. Nih, gue jabarin aktivitasnya: Bangun tidur-makan-main game-tidur lagi. Oh iya, nugas gue lewatin. Soalnya tergantung mood juga nugasnya. Ada dua peng-kalo-an gue soal tugas: Satu, Kalo lagi rajin, gue sampe ngayal tinggi banget, mikirin sifat ke-rajin-an dan ke-cerdas-an gue bisa setingkat Albert Einstein. Gue selalu membayangkan dan melihat terus ke atas. Mudah-mudahan Einstein ga minder gue liatin. 

    Nah yang kedua, kalo versi lainnya, ya... antonim. Kalo lagi males dan pengen rebahan, ya gue mikirin "Kenapa si tugas kesian banget sih sering gue kerjain?"

    Hahaha.. Ngaco.

    Nah, balik lagi ke soal rebahan. Sesuai "image"-nya, rebahan sering menjadi bentuk hal yang negatif dari orang lain. Setiap kali baru pulang ke rumah dan kerjaannya tidur terus pasti diomelin. Padahal, orang yang ngomelin engga tahu aktivitas si tukang tidur ini sebelum ia menjadi tukang tidur beneran. Ya begitulah. Padahal ga selalu negatif kok, gue mau ngeshare beberapa manfaatnya:

1. Menghilangkan Stress.

  
 Ini sifat mutlak dari aktivitas rebahan. Rebahan adalah jawabannya kalo mau menghindari stress. Kalo lo lagi kerja, ngerasa banyak tekanan yang lo hadepin dan enggak sengaja buat baca tulisan gue ini, apa salahnya kalau lo ambil waktu luang 30 menit buat tarik nafas sebentar dari pekerjaan. Ini bagus kok buat kesehatan lo.

    Seenggaknya membantu lo untuk bisa berpikir dengan tenang dan merefleksikan hal apa yang menjadi keluhan lo. Bisa dengan mendengarkan playlist musik yang lo buat tadi pagi atau membuat teh untuk menemani waktu santai lo.

2. Belajar Untuk Mengenali Diri Sendiri.


    Itu adalah salah satu lagu dari Drake di tahun 2015. Dari rebahan, ini salah satu manfaatnya. Mengenali potensi diri sendiri. Cobalah untuk membayangkan hal yang lo suka, dan menghindari untuk berpikir yang bersifat negatif. Keluhan lo di pekerjaan misalnya. Ini bisa menjadi arahan hidup lo nantinya. Lakukan hal yang lo suka, jauhi hal yang lo enggak suka. Lakukan pekerjaan yang bikin lo nyaman, jauhi pekerjaan yang bikin lo ga nyaman. Begitu aja. As simple as that.

    Hal-hal yang menjadi potensi agar hidup dengan sesuai yang lo mau bakalan hilang kalau lo engga mempunyai waktu untuk memikirkan itu. 

    Bentar-bentar, gue nyeruput teh dulu. Slurrrpp..

3. Menghemat Biaya Pengeluaran.


    Nah, ini dia. Salah satu poin penting buat gue. Karena kita diajarkan untuk menabung dan menghindari pengeluaran yang engga perlu. Bolehlah untuk sesekali lo menikmati itu. Tapi jangan sampai terlalu sering. Selain bikin dompet lo cepet nangis, enggak baik juga buat lo kedepannya. Apalagi buat lo yang susah nabung dan sering bepergian enggak jelas. Pergi malam pulang malam. Pergi malam pulang pagi. Pergi malam tapi enggak pulang-pulang.

    Ambillah poin ini sebagai salah satu hal yang positif. Pengeluaran yang sering lo keluarkan lebih baik digunakan untuk mengupgrade salah satu hal yang menjadi kebutuhan lo.

4. Mengatur Tingkat Emosional


   Ini poin yang juga cukup penting menurut gue. Karena ketika lo mengeluarkan hal-hal yang berkaitan dengan emosional dan ekspresif, lo bisa mengontrol diri sendiri dengan rileks. Tarik nafas ketika amarah sedang naik. Berusaha untuk tegar ketika sedang sedih. Tenangkan diri ketika muncul rasa takut dan berpikirlah jernih ketika sedang cemas. Dalam waktu luang yang lo punya ketika rebahan, mengekspresikan hal yang menjadi keluh kesah itu sama sekali engga salah. Beneran deh, suer!

    Nah itu manfaat rebahan versi gue. Gue engga nganggep kalau rebahan adalah hal yang sangat benar. Karena, semua memiliki dampak negatif bila diekspresikan secara berlebihan. Memang sifat duniawi satu ini bikin nyaman dan tenang. Apalagi ditambah kita lagi ngantuk yang posisi badannya udah enak banget buat tidur siang. Debest banget. Tapi, perlu diketahui Rebahan berlebihan juga enggak baik kok. Rasa malas akan menguasai pikiran lo yang membuat lo enggak mau melakukan aktivitas dan hal-hal baru. 

    Pokoknya ingat, rebahan adalah aktivitas yang muncul dari sifat malas. Jadi, yang perlu dibasmi itu bukan rebahannya ya.


Komentar